Bunga Dari Kata Tak Akan Pernah Musnah: Catatan-Catatan Kaum Zapatista

Judul Asli
The Flower of the World Will Not Die
The Writing from Zapatista

SCAM Publication

Penerjemah
Dewey Setiawan

Penyelaras Akhir
Leonardus Onie Wiranda


Beberapa Remeh Temeh

The Flower of the Word Will Not Die terbitan Scam Publication saya terjemahkan pertama kali ke dalam bahasa Indonesia pada akhir tahun 2000 (zaman-zaman demo, bhuos :D. Karena begitu banyaknya onak duri dalam kehidupan pribadi saya (hehehe), saya baru bisa mempublikasikannya saat ini, tentunya dalam tampilan yang maha minimalis sesuai dengan kemampuan teknologi informasi saya yang tak kunjung membaik. Jika kawan-kawan ingin memperbaiki dan/atau memperbanyak terjemahan ini, saya sangat mendukung dan menganjurkan (tak usah sungkan-sungkan).

Selama proses penerjemahan, yang saya yakin belum akan berhenti dalam waktu dekat, begitu banyak kawan-kawan kami yang membantu. Di antara mereka yang berperan besar dalam perbaikan teks adalah Onie dan Dolly. Penghargaan setingi-tingginya harus saya alamatkan juga kepada Harry the Juragan Mbako dan beberapa donatur lainnya yang membuat dapur kami tak sempat kekurangan kayu. Tak lupa saya berterima kasih kepada kawan-kawan di Kontra Kultura Bandung yang nekat merespon keterlambatan kami dengan menerbitkan bahan mentah terjemahan ini yang sama sekali belum tersentuh proses penyelarasan (2001).

Akhirnya, saya juga ingin mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya kepada kawan-kawan di KesasaR (RIP, Rest in Puzzle) UK Petra yang telah memberikan pengaruh dalam hidup dan gerak juang saya.

Oktober, 2001
Penerjemah

2 komentar:

Unknown mengatakan...

dimana saya bisa mendapatkan buku ini? dimana juga tempat kawan2 di indonesia prozapatista sering berkumpul/berkomunikasi?

sampai menang nanti,
mul

Anonim mengatakan...

kawan mul,

terima kasih sudah berkunjung dan bertanya. versi inggrisnya dulu saya dapatkan dalam bentuk fotokopi dari seorang kawan. kalo terjemahan ini memang belum pernah saya tawarkan ke penerbit.

saya tidak tahu persis komunitas indonesia yang mengkhususkan diri mempelajari gerakan zapatista. biasanya ya campur baur dengan yang marxis dan anarkis.

maaf jika tidak bisa membantu banyak.

w/ comradely greetings,
dewey