Manifesto Untuk Pertemuan Inter-Continental Kedua: Untuk Sebuah Dunia yang Merengkuh Berbagai Dunia

Kami hidup dalam periode dimana hubungan manusia sangat terjajah. Dimana-mana, sosial sistem yang sama menundukkan kemanusiaan terhadap aturan keuangan serta kehidupan yang seragam, yaitu yang menghasilkan kemelaratan dan kehancuran.

Di hadapkan dengan puing-puing yang diakibatkan oleh mesin yang tak mengenal belas kasihan, perlawanan muncul dari hal-hal lain dalam kehidupan, namun perlawanan itu dikutuk dalam pengasingan.

Waktunya telah tiba untuk memecahkan lingkaran setan yang mencegah kemanusiaan mengangkat kegelisahannya secara bersama-sama. Perjuangannya, serta kemauan untuk berubah. Di Meksiko pemberontakan bersenjata komunitas pribumi di Chiapas yang diorganisir oleh EZLN, telah membuka jalan untuk sebuah masa depan yang berbeda untuk kita semua.

Sejak 1 Januari 1994 perjuangan imajinatif Zapatistas memacu penduduk/masyarakat seluruh dunia untuk menciptakan alternatif-alternatif atas neo liberalisme.

Inisiatif mereka telah dirumuskan di luar batasan-batasan politik institusional tradisional dan selalu berusaha melibatkan masyarakat dalam jumlah terbesar yang mungkin dicapai, terutama masyarakat yang terpinggirkan. Dengan semangat ini Pertemuan Intercontinental Pertama untuk Kemanusiaan dan Melawan NeoLiberalisme (First Intercontinental Meeting for Humanity and Against Neoliberalism) dirumuskan pada Agustus 1996, dihadiri oleh lima komunitas pribumi di Chiapas, meski diblokade oleh Tentara Federal Meksiko (Federal Mexican Army)

Encuentro pertama menarik lebih dari 3000 orang dari 43 negara dalam 5 benua.

Mereka meraih kesempatan untuk bertemu satu sama lain, untuk merefleksikan dan mengekspresikan diri mereka, dalam sebuah tindakan sukarela demi solidaritas. Para partisipan berani melewati ambang pintu yang telah dibuka Zapatista serta mencoba untuk melewati bagian kacamata lainnya. Disana semua orang mempunyai kedudukan yang sama, justru karena mereka berhasil dalam menerima perbedaan satu sama lain, bemacam-macam jalan kehidupan yang ada, semuanya bergabung dalam penolakan sistem saat ini dengan gairah untuk membangun suatu dunia yang melibatkan banyak dunia-dunia – kemanusiaan yang sedang kami bicarakan. Dimanapun juga, terdapat rakyat yang muak dengan nilai-nilai yang dominan, yang mencoba untuk merubah kehidupan mereka sendiri, untuk membuka tempat baru serta membangun waktu di masa sekarang yang lebih terhormat.

Di mana-mana terdapat kawan yang rela dan yang bergairah untuk menghidupkan sebuah petualangan.
Untuk mencapainya, sangatlah berarti untuk memperluas inisiatif Chiapas dan menciptakan jaringan kerja perlawanan yang diajukan oleh Encuentro pertama: sebuan jaringan kerja perlawanan Internasional yang didalamnya masyarakat membela satu sama lain, jaringan kerja tanpa struktur yang terorganisir, tanpa komando terpusat, tanpa hirarki. Sebuah jaringan kerja yang terdiri dari semua rakyat yang melakukan perlawanan. Demi semua tujuan itu kami mengumumkan Encuentro yang selanjutnya: Pertemuan Inter Continental Kedua untuk Kemanusiaan dan Melawan NeoLiberalisme (2nd Intercontinental Meeting For Humanity and Against Neoliberalism) 26 Juli–2 Agustus 1997 di Spanyol. Kami menginginkan sebuah pertemuan untuk semua perlawanan terhadap neoliberalisme, dari semua rakyat (terorganisir atau tidak) yang merasa tidak puas atas hidup yang di bebankan pada kita. Kami ingin menciptakan sebuah pertemuan yang menegaskan pertukaran ide-ide, praktek-praktek dan gairah-gairah diluar kesimpulan formal dan resolusi. Kami menghendaki sebuah pertemuan yang diorganisir sendiri, dimana rakyat yang berpartisipasi membentuk pertemuan mereka sendiri, ikut terlibat dalam tugas-tugas persiapan dengan kelompok-kelompok kerja yang mengambil tanggung jawab pada tugas-tugas praktek yang membikin pertemuan tersebut menjadi mungkin.
Proses organisasional ini sama pentingnya dengan pertemuan itu sendiri, kami mengharapkan sebuah pertemuan yang menawarkan kemungkinan dalam mencoba bentuk-bentuk politik baru kepada semua orang.

Kami ingin belajar bagaimana untuk membuka ruang-ruang politis mandiri. Kami juga ingin untuk memecahkan keterbatasan-keterbatasan
kami dan rintangan-rintangan (informasional, politik, dan kultural) yang membuat kita terpisah. Kami mengharapkan semua orang, baik pria atau wanita, untuk belajar bagaimana berjalan bersama dan menguasai hidup kita sendiri, dan kami ingin berbicara dengan semua yang tertarik untuk menyukseskan Pertemuan Inter Continental Kedua untuk Kemanusiaan dan Melawan NeoLiberalisme.

Untuk informasi lebih lanjut dan detail hubungan untuk kelompok-kelompok pada negara anda: Collectivo de Solidaridad con la Rebellion Zapatista, Calle de la Cera I bis ES-08001 Barcelona, Spanyol----Tel.+34-3-442 21 01 atau 329 06 43, fax +34-3-329 08 58, e-mail ellokal@pangea.org.

Web page bagi rencana lebih jauh dan detail-detail Encuentro mendatang:
http://www.pangea.org/encuentro/

Tentang revolusi Meksiko:
http://www. geocities. Com/CapitolHill/3102/International

Berkumpul untuk kemanusiaan dan melawan Neo-Liberalisme:

http://www. geocities.com/CapitolHill/3894/gatherdex.html

Berita terbaru:
Subscribe ke chiapas 95: kirimkan sebuah pesan”subscribe chiapas 95” ke majordomo@eco.utexas.edu

2 komentar:

andreas iswinarto mengatakan...

Selamat karena anda adalah sahabat bumi manusia. Silah kunjungi dan beri masukan atas Seri Artikel Orkestrasi Pergerakan untuk Indonesia Baru diblog saya. Salam hangat!

http://ruangasadirumahkata.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

terima kasih atas komentar dan undangannya.

dewey